Sertifikat Komputer Tanpa Kursus Bekasi

Sertifikat Komputer Tanpa Kursus Bekasi

Musim tes CPNS biasanya dibarengi dengan persiapan-persiapan pra tes, seperti mengikuti kursus komputer, kursus bahasa inggris dan kursus-kursus keahlian lainnya sesuai dengan bidang yang ingin diminatinya dalam posisi PNS nantinya.

Hal ini karena dibeberapa bagian dibutuhkan keahlian khusus yang dibuktikan dengan sertifikat yang dimiliki.


Tapi terkadang waktu yang begitu mendesak, membuat kita tak punya banyak waktu untuk mengikuti kursus-kursus yang ada.

Lalu timbul pertanyaan, apakah bisa mendapatkan sertifikat tanpa ikut kursus?

Hal ini perlu dirinci, bila anda memang sudah memiliki keahlian dibidang komputer misalnya, sebenarnya anda bisa saja tidak mengikuti proses belajar-mengajar. Langsung ikut bagian sertifikasinya saja, jadi nanti masalah anda bisa dapat atau tidak sertifikatnya tergantung hasil dari nilai sertifikasi.

Memang biasanya masing-masing lembaga kursus memiliki aturan masing-masing, ada yang membolehkan seperti itu ada juga yang mengharuskan peserta mengikuti pembelajaran sampai selesai.

Saran saya lembaga kursus harus lebih bijaksana dalam menghadapi fenomena ini, terkadang seseorang memang sudah menguasai suatu skill seperti bidang komputer cuma masalahnya dia tidak pernah ikut kursus komputer dan tidak pernah ikut sertifikasi sebelumnya. Nah disinilah tugas owner lembaga kursus untuk memfasilitasi masyarakat untuk mengikuti sertifikasi di lembaga kursusnya.



Kalau ada seseorang yang ingin mendapatkan sertifikat tapi dia tak memiliki skill atau belum memenuhi standar ketentuan kemampuan dalam skil tertentu. Maka lembaga kursus berhak untuk menjelaskan dan merekomendasikannya untuk ikut kursus terlebih dahulu, karena biar bagaimanapun lembaga kursus memiliki tanggung jawab akademis keilmuan dan kemampuan yang harus dijaga.

#sertifikatkomputer #tanpakursus #bekasi

Rynoedin | founder www.rumbel.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar