Perbedaan Sistem Operasi dan Aplikasi dalam Komputer

 Perbedaan Sistem Operasi dan Aplikasi dalam Komputer

Istilah Sistem Operasi ataupun Aplikasi yang digunakan dalam dunia komputer sering kita dengar dan tidak asing lagi, akan tetapi apakah kita sudah mengetahui perbedaan antara sistem operasi dengan sistem aplikasi?

perbedaan Sistem Operasi dan Sistem Aplikasi


  • SISTEM OPERASI

Sistem operasi adalah software utama yang menjadi otak dari komputer sehingga kita bisa menggunakan komputer, tanpa sistem operasi kita tidak bisa menginstal Aplikasi apapun. Bisa diibaratkan Sistem operasi ini sebagai sebuah wadah besar kosong yang bisa kita isi dengan berbagai aplikasi apapun yang sesuai (kompetible) dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Berikut beberapa pengertian Sistem Operasi menurut para Ahli :

  • Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli

Menurut Iim Rusyamsi

Sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang dapat melakukan tugas mengontrol dan mengatur perangkat keras sekaligus operasi dasar sistem lainnya dan juga bisa untuk menjalankan program aplikasi.

Menurut MCLEOD (PEARSON)

Sistem operasi adalah program-program komputer yang mengatur sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak komputer kita

Menurut FERY INDAYUDHA

Sistem operasi adalah sebuah sistem yang dibutuhkan agar dapat menjalankan semua palikasi program/software yang ada di komputer.

Menurut M. Suyanto

Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri atas beberapa komponen perangkat lunak atau software yang memiliki fungsi untuk mengontrol seluruh aktivitas yang sudah dilakukan komputer.

Menurut WAHANA KOMPUTER

Sistem operasi adalah software pada tahap pertama yang dimasukan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan

Contoh sistem operasi yang ada di komputer adalah Windows dengan berbagai serinya (XP, Win. 7, Win. 8, Win. 10 dan Win.11), Linux dengan berbagai serinya, Mac Os dengan berbagai serinya. Kalau pada smartphone Sistem Operasinya seperti Android, Windows Phone dsb.

Adapun fungsi sistem operasi sebagai berikut :

  • Manajemen Sumber Daya Komputer

Sistem operasi dapat mengatur waktu sebuah aplikasi yang dijalankan, membagi penggunaan CPU saat apliaksi berjalan bersamaan, memberi akses pada disk, dan lain sebagainya.

  • Berperan Sebagai Aplikasi Dasar Sebuah Perangkat

Sistem Operasi merupakan dasar dari pembentukan program yang ada pada sebuah perangkat. Bisa dikatakan ini merupakan bagian vital yang mengatur semua hal yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi sebuah perangkt.

  • Menghubungkan Hardware

Sistem operasi berperan dalam mengoordinasikan semua perangkat yang saling terhubung pada gadget dalam waktu yang bersamaan, seperti penyimpanan internal, mouse, speaker, dan CPU.

Dalam hal ini sistem operasi berperan sebagai jembatan yang menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak. Kemudian pada gilirannya akan menjalankan operasi dasar komputer.

  • Mengoptimalkan Fungsi Sebuah Perangakt

Sistem Operasi mampu mengoptimalkan kinerja dari sebuah perangkat keras maupun lunak, Sistem tersebut mengatur serta mengendalikan hubungan antara perangkat keras dan lunak agar bisa saling bekerjasama dengan baik,

  • Mengatur Sistem Kerja Perangkat

Sistem Operasi mengatur serta mengontrol semua fungsi perangkat keras yang digunakan, mulai dari CPU, Hardisk, memrori dan lain sebagainya. Tentunya dengan adanya sistem operasi seluruh perangkat bisa saling bersinergi dan membentuk kesatuan untuk memaksimalkan fungsi sebuah perangkat.

  • SISTEM APLIKASI

Adapun Sistem Aplikasi adalah software yang dibuat untuk mengisi sistem operasi sesuai dengan 1 fungsinya saja. Seperti yang sempat kita singgung diawal bila sistem operasi adalah wadah maka sistem aplikasi ini adalah isi dari wadah tersebut, dan isinya ini bisa bermacam-macam sesuai dengan fungsinya.

Contoh dari sistem Aplikasi seperti untuk aplikasi pengolah kata ada Microsoft Word, Aplikasi pengolah angka ada Microsoft Excel, Aplikasi Editor Foto ada Adobe Pothoshop, Aplikasi Desain Grafis ada Corel Draw dan banyak lagi contoh sistem aplikasi dalam komputer. Bila di smartphone kita bisa menemukan berbagai aplikasi juga seperti Facebook, WhatsApp, Telegram, Canva, Gmail dsb.

Jadi jelas berbeda antara Sistem Operasi dan Sistem aplikasi baik dari segi fungsi maupun dari penggunaanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar