Mengapa Kita Perlu Belajar Komputer?

Era teknologi dan Informasi saat ini erat kaitannya dengan perkembangan komputerisasi disemua lini. Segala kegiatan ekonomi dari mulai proses produksi sampai distribusi dilakukan dengan sistem komputer yang dirancang untuk memudahkan segala aktifitas manusia.

 
Apa yang kita rasakan dan nikmati dari sisi teknologi tak lepas dari program aplikasi yang dirancang sesuai dengan kebutuhannya.
Segala kemajuan teknologi diawali dengan kemajuan berpikir manusiannya itu sendiri, tentu saja kemampuan itu tidak didapat dengan sendirinya atau bermalas-malasan tanpa ada perjuangan yang dilakukannya dan mengasah kemampuannya dengan belajar dan berlatih.

 
Sebelum kita lanjutkan pembahasan perlu didudukan terlebih dahulu, apa yang dimaksud komputer yang akan kita jelaskan nanti.
Yang dimaksud komputer disini adalah perangkat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada perangkat itu sendiri. Pembahasan lebih dalam tentang komputer itu sendiri insyaAllah akan kita bahas dalam artikel yang lain.
Lalu?


Perlukah Kita Belajar Komputer?

Jawabannya kembali kepada diri anda sendiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda, kalau dirasa anda sudah cukup mudah menjalani hidup di era modern tanpa bantuan dan penggunaan komputer ya dirasa tidak mengapa untuk tidak mempelajarinya. Tapi jika anda adalah tipe orang yang selalu update ga mau ketinggalan dan ingin menjadi bagian dari pengembang kemajuan teknologi modern maka belajar komputer menjadi pilihan terbaik yang anda harus ambil.


Dari mana kita Belajar Komputer?

Secara umum dalam belajar kita bisa memilih salah satu model pembelajaran yaitu otodidak (belajar sendiri) atau dengan bantuan orang lain yang sudah lebih mahir dalam menggunakan komputer.


1. Belajar Otodidak


Saat ini balajar apapun rasanya sangatlah mudah, tinggal buka browser atau youtube kita bisa mulai belajar dari dasar seusai dengan pengetahuan yang ingin kita pelajari. Termasuk belajar komputer, banyak sekali konten-konten yang membahas tentang belahar menggunakan komputer dari dasar yang tersebar didunia maya.

 
Kita tinggal memilih materi-materi yang kita butuhkan dan channel yang mudah untuk kita mengerti. Kekurangan dari metode ini adalah kita tidak dapat bimbingan secara langsung ketika belajar atau ketika kita mengalami kesulitan kita tidak bisa langsung bertanya dan mendapatkan jawaban secara cepat.

2. Dengan Bantuan Orang Lain yang lebih Ahli

Belajar komputer dengan metode bantuan orang lain yang lebih ahli menjadi pilihan kedua untuk belajar komputer. Kita bisa belajar kepada teman, saudara atau siapapun yang bisa kita minta untuk membantu membimbing saat belajar komputer.


Ketika disekolah mungkin kita sudah mendapatkan pembalajaran komputer melalui para guru komputer, guru juga bisa kita jadikan rujukan dan pembimbing dalam belajar komputer tidak hanya pada saat jam pembelajaran komputer diluar jam belajarpun bisa saja kita bertanya kepada guru tentang hal-hal yang ingin kita ketahui berkaitan dengan dunia komputer.


Selain dalam dunia pendidikan sekolah, kita juga dapat belajar di satuan pendidikan non formal diluar sekolah yaitu mengikuti program kursus komputer misalnya. Dimana didalamnya juga kita akan belajar pengetahuan, keterampilan dan sikap mental sebagi bekal untuk mengembangkan diri, bekerja mencari nafkah atau melanjutkan ke jenjang pendidikannya yang lebih tinggi.


Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa belajar komputer sangatlah penting bagi orang yang membutuhkannya, belajar komputer bisa kita lakukan secara otodidak atau dengan bantuan orang lain yang lebih ahli, selai itu kita juga dapat belajar kepada guru disekolah atau mengikuti program kursus komputer diluar sekolah.


Demikian pembahasan kita pada kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.


Rian Sahrudin

Founder Rumbel.Id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar